PEMILIHAN SUPPLIER TEMBAKAU TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK OPTIMALISASI SUPPLIER CHAIN MANAGEMENT PADA TOKO SUMBAR TOBACCO

Alghafur Kw, Fajri (2024) PEMILIHAN SUPPLIER TEMBAKAU TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK OPTIMALISASI SUPPLIER CHAIN MANAGEMENT PADA TOKO SUMBAR TOBACCO. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630126_FAJRI ALGHAFUR KW_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630126_FAJRI ALGHAFUR KW_BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630126_FAJRI ALGHAFUR KW_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630126_FAJRI ALGHAFUR KW_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Memilih supplier merupakan kegiatan strategis, terutama apabila supplier tersebut akan memasok item kritis dan akan digunakan dalam jangka panjang sebagai supplier penting, kriteria pemilihan adalah salah satu hal penting dalam pemilihan supplier. Oleh sebab itu, setiap perusahaan harus menentukan sendiri kriteria-kriteria yang akan digunakan dalam memilih supplier Setelah kriteria ditetapkan dan beberapa kandidat supplier diperoleh maka perusahaan harus melakukan pemiihan. Dalam proses ini perusahaan harus melakukan peringkingan untuk menentukan supplier mana harus diilih atau mana yang akan dijadikan supplier utama dan mana yang akan dijadikan supplier cadangan. Dengan menerapkan Supply Chain Management (SCM) yaitu pengintegrasian sumber bisnis yang kompeten dalam penyaluran barang, mencakup perencanaan dan pengelolaan aktivitas pengadaan dan logistik serta informasi terkait mulai dari tempat bahan baku sampai tempat konsumsi, termasuk koordinasi dan kolaborasi dengan jaringan mitra usaha (pemasok, manufaktur, retailer, distributor, pergudangan, transportasi dan konsumen) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Berdasarkan uraian di atas, peneliti mencoba merancang sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) guna membantu Pihak Toko dalam menentukan pemilihan supplier untuk menentukan pilihan supplier tembakau paling optimal menggunakan metode AHP atau Analytical Hierarchy Process. Metode ini digunakan untuk menentukan sebuah alternatif pilihan berdasarkan bobot dan kriteria yang sudah ditentukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:04
Last Modified: 09 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11615

Actions (login required)

View Item View Item