OPTIMALISASI IT BUSINESS MANAGEMENT DENGAN MENENTUKAN PENEMPATAN LETAK PRODUK PADA NOVA MART MENGGUNAKAN TEKNIK ASSOCIATION RULE ALGORITMA FP-GROWTH

Edvira, Rahmi Zharifa (2024) OPTIMALISASI IT BUSINESS MANAGEMENT DENGAN MENENTUKAN PENEMPATAN LETAK PRODUK PADA NOVA MART MENGGUNAKAN TEKNIK ASSOCIATION RULE ALGORITMA FP-GROWTH. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101152630285_RAHMI ZHAFIRA EDVIRA_ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630285_RAHMI ZHAFIRA EDVIRA_BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630285_RAHMI ZHAFIRA EDVIRA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152630285_RAHMI ZHAFIRA EDVIRA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Teknologi semakin berkembang dan canggih dari masa ke masa bahkan untuk setiap detiknya, sehingga perusahaan diperlukan memanfaatkan teknologi untuk menjambatani usaha ke pelanggan sehingga mempermudah dalam mengelola bisnis. Masalah yang dapat diidentifikasi pada Mini Market Nova Mart adalah tidak adanya pemanfaatan dan pengolahan data transaksi lebih lanjut sehingga pihak swalayan tidak mengetahui penempatan tata letak produk yang sering dibeli oleh pelanggan. Dengan pemanfaatan data transaksi tersebut maka dapat mempermudah pelanggan dalam melihat dan membeli produk sesuai dengan kebutuhan yang tersedia di Nova Mart. oleh sebab itu dari data transaksi penjualan maka akan di proses dengan menggunakan Algoritma FP-Growth untuk mendapatkan nilai kecocokan antara satu produk dengan produk lain. Data transaksi produk yang dihasilkan dari 30 transaksi pada bulan januari sebanyak 2 interesting rules. Dengan nilai minimum support yaitu 60% dan minimum confidence yaitu 66% didapatkannya pola yaitu jika konsumen membeli Snack, maka juga akan membeli Susu atau Minuman. Algoritma yang digunakan untuk membantu minimarket dalam menemukan tata letak produk adalah Algoritma FP- Growth. Algoritma FP-Growth merupakan metode yang dapat mengolah data transaksi dengan lebih cepat dan akurat dalam merancang sistem yang digunakan untuk menganalisis tata letak produk dengan menggunakan data transaksi penjualan. Hasil pada penelitian ini dapat membantu dan mempermudah pelanggan dalam menentukan tata letak produk yang sering dibeli secara bersamaan pada minimarket Nova Mart

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:14
Last Modified: 08 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11582

Actions (login required)

View Item View Item