ANALISIS KEMACETAN DI PERLINTASAN REL DUKU PADANG PARIAMAN, SUMATRA BARAT

HANAFI, M. ROY (2023) ANALISIS KEMACETAN DI PERLINTASAN REL DUKU PADANG PARIAMAN, SUMATRA BARAT. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_M. ROY HANAFI_19101154330144_ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
SKRIPSI_M. ROY HANAFI_19101154330144_BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
SKRIPSI_M. ROY HANAFI_19101154330144_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
SKRIPSI_M. ROY HANAFI_19101154330144_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemacetan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu perbandingan jumlah kendaraan dengan ruas jalan yang tersedia tidak seimbang, jumlah kendaraan pribadi yang terus meningkat, parkir liar, kurang maksimalnya penggunaan transportasi umum, dan adanya kecelakaan lalu lintas .Tingginya frekuensi lintasan rel kereta menimbulkan masalah kemacetan di kota Padang, Pariaman, Sumatera Barat. Salah satu titik kemacetan terjadi pada Jalan Perlintasan rel Duku yang disebabkan oleh penutupan jalan saat kereta api melintas juga karena jalan yang sempit dengan volume kendaraan yang tinggi. Dampak itu menyebabkan antrian panjang kendaraaan. Jika kereta melintas pada jam sibuk, maka kemacetan di jalan raya tidak dapat dihindari. Dengan demikian, dibutuhkan kajian secara khusus terhadap perlintasan rel khususnya pada Jalan Duku agar diperoleh solusi untuk mengatasi kemacetan yang disebabkan oleh penutupan palang pintu kereta di lokasi tersebut. Pengumpulan data bertujuan untuk mendapatkan data-data sekunder yang terdiri atas data tundaan jalan rel kereta api dan data primer yang terdiri dari volume lalu lintas harian yang dilihat secara langsung dilapangan. Kemudian data tersebut diolah untuk kebutuhan analisa dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Analisis ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan solusi dari kemacetan diperlintasan rel kereta api dengan menggunakan metode Binamarga 2002. Pengolahan data yang dilakukan yaitu mengolah data volume lalu lintas untuk menenetukan LHR dengan menghitung kapasitas jalan untuk mengetahui solusi dari kemacetan di jalan perlintasan rel kereta api. Padang Pariaman untuk lalu lintas pada jam sibuk yaitu pada hari Minggu (16.00-17.00) dengan jumlah kendaraan sebesar 714 kend/jam dengan 367,4 smp/jam. Dalam 1 minggu jumlah kendaraan yang paling banyak melintas adalah sepeda motor dengan 20.322 kend/jam. Kapasitas jalan (C ) pada ruas jalan perlintasan rel duku, Padang Pariaman adalah 236,5688 smp/jam sedangkan untuk nilai derajat kejenuhan (DS) adalah 0,921508 smp/jam. Untuk nilai kecepatan 〖 (V〗_s) sebesar 2,6881 m/det, dengan nilai kepadatan (D) sebesar 137,0384 smp/km, untuk nilai tundaan tundaan rata-rata per 5 detik dari arah pariaman- padang sebesar 3,24 detik dan dari Padang-Pariaman sebesar 3,24 detik. Sedangkan tundaan rata-rata 1 jam dari arah Pariaman�Padang sebesar 39,62 detik dan dari arah Padang-Pariaman sebesar 39,62 detik. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh perlintasan dan geometrik jalan mengakibatkan adanya tundaan karena penumpukkan kendaraan, sehingga dapat mempengaruhi waktu tempuh kendaraan. Solusi untuk perlintasan rel kereta api Duku, Padang Pariaman adalah pengalihan jalan rel ke jalan layang (flyover) dengan pelebaran jalan. Kata Kunci : Kemacetan ,Rel Kereta Api Duku Padang Pariaman, Volume Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Teknik > Rekayasa Lalu Lintas
0 Research > Teknik
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:50
Last Modified: 11 Jul 2024 04:03
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11063

Actions (login required)

View Item View Item