IMPLEMENTASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING DALAM APLIKASI CHATBOT SEBAGAI HELPDESK OBYEK WISATA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES (STUDI KASUS DINAS PARIWISATA KOTA BUKITTINGI)

Syaifullah, Afif (2023) IMPLEMENTASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING DALAM APLIKASI CHATBOT SEBAGAI HELPDESK OBYEK WISATA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES (STUDI KASUS DINAS PARIWISATA KOTA BUKITTINGI). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_AFIF SYAIFULLAH_18101152630082_ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text
SKRIPSI_AFIF SYAIFULLAH_18101152630082_BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
SKRIPSI_AFIF SYAIFULLAH_18101152630082_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
SKRIPSI_AFIF SYAIFULLAH_18101152630082_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan pengembangan pariwisata tidaklah hanya tergantung pada berapa banyak obyek wisata yang dimiliki. faktor yang menghambat perkembangan suatu pariwisata adalah pola promosi dan system pengelolaan informasi pariwisata yang belum baik sehingga terkadang objek wisata menjadi tidak dikenal dan tentunya tidak menjadi objek tujuan para wisatawan untuk berwisata. Informasi yang didapat oleh wisatawan tidak mampu mencakup seluruh wisata yang ada di kota Bukittinggi, sehingga wisatawan hanya mampu memperoleh informasi hanya berdasarkan yang sudah ada di media social, padahal masih banyak obyek wisata yang menarik dan belum tedapat di internet atau social media manapun. Permasalahan tersebut penulis membuat solusi dengan membuat sistem penjawab chat otomatis atau yang disebut chatbot. Teknologi chatbot merupakan salah satu bentuk aplikasi Natural Language Prrocessing (NLP), dan merupakan salah satu bidang ilmu Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) yang mempelajari tentang interaksi antara komputer dan bahasa alami manusia. Chatbot berperan sebagai agen percakapan yang dapat digunakan sebagai helpdesk. Helpdesk merupakan struktur atau program yang menangani segala bentuk keluhan dari berbagai pihak dengan menyediakan layanan untuk memberi informasi dan memberikan solusi kepada user. Penelitian ini dikembangkan aplikasi Chatbot menggunakan algoritma Naive Bayes yang diharapkan dapat menjawab pertanyaan yang sering timbul terkait infomasi pariwisata yang ada di Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:30
Last Modified: 24 Jun 2024 03:30
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10594

Actions (login required)

View Item View Item