OPTIMALISASI PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MELAKUKAN KLASIFIKASI PENJUALAN SUKU CADANG MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS PADA PERISAY MOTOR

IKHSAN, AHYATUL (2023) OPTIMALISASI PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MELAKUKAN KLASIFIKASI PENJUALAN SUKU CADANG MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS PADA PERISAY MOTOR. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ AHYATUL IKHSAN_18101152630043_ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
SKRIPSI_ AHYATUL IKHSAN_18101152630043_BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
SKRIPSI_ AHYATUL IKHSAN_18101152630043_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
SKRIPSI_ AHYATUL IKHSAN_18101152630043_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu toko di Pasaman Barat yang menjualan suku cadang motor yaitu “Perisay Motor”, toko tersebut menghasilkan penjualan yang cukup besar setiap tahun, tetapi hasil penjualan yang dihasilkan tidak stabil dan tidak mampu diprediksi kenaikan dan penurunan penjualannya. Dari penelitian yang dilakukan, dengan mengklasifikasikan hasil penjualan dari “Perisay Motor” untuk mengetahui efektifitas penjualan. Data yang digunakan adalah data hasil penjualan tahun 2022 dan mengklasifikasikan hasil penjualan pada “Perisay Motor” berdasarkan jumlah item atau jenis barang yang mampu terjual. Metode yang digunakan yaitu metode K-Nearest Neighbor. Algoritma K-Nearest Neighbor pada Customer Relationship Management dapat memberikan kemudahan-kemudahan dalam pengolahan data yang tidak didapatkan pada sistem sebelumnya, ini disebabkan karena pada sistem lama data diolah secara manual. Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor pada Customer Relationship Management dapat membuat pengklasifikasian penjualan terlaris dan tidak terlaris suku cadang menjadi lebih efektif dan efisien. Diketahui stok suku cadang yang terjual laris dan tidak laris maka Toko Perisay Motor dapat memprediksi suku cadang apa saja yang akan ditambah stoknya agar konsumen selalu mendapat suku cadang yang ia inginkan dan konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:21
Last Modified: 24 Jun 2024 03:21
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10589

Actions (login required)

View Item View Item