Dianti, Salma (2022) PEMANFAATAN COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK SEGMENTASI KONSUMEN PADA KEMBANG JATI FURNITURE MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.
Text
SKRIPSI_17101152630041 SALMA DIANTI_BAB I.pdf Download (279kB) |
|
Text
SKRIPSI_17101152630041 SALMA DIANTI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
|
Text
SKRIPSI_17101152630041 SALMA DIANTI_ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text
SKRIPSI_17101152630041 SALMA DIANTI_FULLTEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Perkembangan TI tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain seperti kesehatan, Pendidikan, dan pemerintahan. Persaingan bisnis yang meningkat menuntut perusahaan untuk memanfaatkan kemampuan yang ada semaksimal mungkin, agar unggul dalam persaingan. Customer Relationship Management (CRM), dalam Bahasa Indonesia menjadi manajemen hubungan pelanggan. Konsep CRM merupakan spesifikasi dari konsep Relationship Marketing (RM). Konsep RM menekankan bahwa perusahaan harus berinteraksi dan menjalin hubungan dengan berbagai pihak berkepentingan terhadap perusahaan, karena hubungan yang baik merupakan asset bagi perusahaan. Sehinggan CRM sangat cocok digabungkan dengan segmentasi pelanggan guna menghasilkan keputusan pemasaran yang lebih baik. Maka pada proses segmentasi pelanggan digunakanlah metode Algoritma K-means cluster. K-Means merupakan salah satu metode non-hierarchial clustering yang dappat mengelompokan data ke dalam beberapa cluster berdasarkan kemiripan data tersebut. Sehingga data yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokan dalam satu cluster dan yang memiliki karakteristik yang berbeda akan dikelompokkan dalam cluster lain
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Tri Wahyuni Oktanita A.Md |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:18 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:18 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10308 |
Actions (login required)
View Item |