PERANCANGAN SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN PADA BARANG ELEKTRONIK DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN MYSQL”

ARDIANTO, RIDO (2022) PERANCANGAN SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN PADA BARANG ELEKTRONIK DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN MYSQL”. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRPSI_18101152610706 RIDO ARDIANTO__ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
SKRPSI_18101152610706 RIDO ARDIANTO__BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
SKRPSI_18101152610706 RIDO ARDIANTO__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
SKRPSI_18101152610706 RIDO ARDIANTO__FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Toko Indra Elektronik ini berdiri pada tahun 2018 dimana pemiliknya Indra dari toko kecil sekarang menjadi toko yang memiliki fasilitas lengkap dan menggaji beberapa karyawan. Kendala yang dihadapi toko adalah kerusakan barang electronic masih menjadi masalah yang cukup sulit. Kurangnya pengetahuan yang cukup dalam penanganan kerusakan barang electronic seperti AC, kulkas, TV pada toko, mengakibatkan sebagian besar masyarakat umum atau suatu institusi tidak dapat mengidentifikasi letak kerusakan yang terjadi pada barang electroniknya. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pengembangan teknologi sistem pakar merupakan salah satu cara yang efektif. Certainty Factor adalah suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk metric yang biasanya digunakan dalam sistem pakar. Dengan menerapkan metode certainty factor yang dikomputerisasikan dalam bentuk sistem aplikasi untuk perhitungan kemungkinan kerusakan berdasarkan gejala yang dipilih user maka user akan menerima hasil berupa kemungkinan terbesar kerusakan yang terjadi sehingga user bisa mengetahui apa yang rusak pada barang elektronik. Dengan dirancangnya sebuah sistem aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MysQL ini kita bisa mengetahui cara mengatasi masalah-masalah apa saja yang ditimbulkan dan dibutuhkan untuk mengetahui gejala kerusakan pada barang electronic (AC,Kulkas,TV) di toko Indra elektronik. Diharapkan pihak toko terbantu dalam pengecekan barang yang rusak den sistem yang terkomputerisasi yang lebih efektif dan akurat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:20
Last Modified: 22 Apr 2024 07:20
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item View Item