SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN PENDAFTARAN SISWA-SISWI BARU BERDASARKAN ZONASI DAERAH MENGGUNAKAN ALGORITMA Best First Search(Studi Kasus Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan KAB.Pasaman)

AFRIYANDITAMA, REZKI (2022) SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN PENDAFTARAN SISWA-SISWI BARU BERDASARKAN ZONASI DAERAH MENGGUNAKAN ALGORITMA Best First Search(Studi Kasus Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan KAB.Pasaman). Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_17101152610185 REZKI AFRIYANDITAMA_ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610185 REZKI AFRIYANDITAMA_BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610185 REZKI AFRIYANDITAMA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
SKRIPSI_17101152610185 REZKI AFRIYANDITAMA_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penerimaan siswa dan siswi baru yang akan di didik di sekolah tersebut.Kegiatan penerimaan siswa baru adalah suatu kegiatan umum yang dilaksanakan hampir di seluruh sekolah menjelang ajaran baru. Calon siswa- siswi yang mendaftar akan diseleksi berdasarkan tempat tinggal (Domisili) dan hasil tes, tetapi juga nilai sebagai salah satu syarat terpenting. Karena kegiatan seleksi siswa baru merupakan langkah awal untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mutu kualitas sekolah. Dalam penerimaan siswa saat ini masih dilakukan secara manual, yaitu calon siswa datang ke sekolah dengan membawa syarat pendaftaran berupa SKHUN (Surat Keterangan Hasil Kelulusan Nasional) asli, foto copy KK (Kartu Keluarga) dan pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar. Kemudian mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan dan panitia memverifikasi data calon siswa. Selanjutnya hasil seleksi akan diumumkan dengan ketentuan yang berlaku. Berdasarkan hal tepeneliti bertujuan membangun aplikasi pendaftaran siswa baru yang mampu mempermudah pendaftaran siswa baru yang lebih dapat diakses dimana saja secara langsung, proses pembuatan laporan menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam membangun aplikasi tersebut, peneliti menggunakan algoritma best first search untuk mengolah data pada pencarian jalur terdekat dari alamat siswa ke sekolah setelah itu memberikan rekomendasi kepada calon peserta didik baru jika sudah berada diluar zonasi. Dari pengamatan peneliti bahwa terdapat masalah dalam menentukan jarak terdekat dari rumah calon siswa ke sekolah.Oleh karena itu perlu dibangun sebuah sistem yang dapat mempermudah calon siswa baru dalam melakukan pendaftaran khususnya dalam menentukan jarak dari rumah calon siswa baru ke sekolah serta memberi rekomendasi jarak terdekat ke sekolah. Oleh Karena itu untuk membantu pihak sekolah dalam memilih calon siswa maka diperlukan sebuah penerapan algoritma Best First Search (BFS) yang dapat merekomendasikan penerimaan siswa baru, sehingga dalam proses penyeleksian lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:48
Last Modified: 21 Mar 2024 02:48
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item