SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN MEMANFAATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SENTRAL MOTOR YAMAHA LUBUK BEGALUNG MENGGUNAKAN K-MEDOIDS

Afari, Imam Shodako (2022) SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN MEMANFAATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SENTRAL MOTOR YAMAHA LUBUK BEGALUNG MENGGUNAKAN K-MEDOIDS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG.

[img] Text
Skripsi_18101152630157_Imam Shodako_Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Skripsi_18101152630157_Imam Shodako_BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Skripsi_18101152630157_Imam Shodako_Daftar Pustaka.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Skripsi_18101152630157_Imam Shodako_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penjualan adalah kegiatan yang perlu diperhatikan dalam perusahaan, karena ujung dari sebuah produksi adalah penjualan. Semakin banyaknya penjualan yang terjadi, maka diperlukannya sistem yang dapat memudahkan dalam mengolah penjualan. Pada saat sekarang ini, motor adalah salah satu penjualan yang menguntungkan untuk dipasarkan. Sentral Motor Yamaha hadir sebagai dealer yang menjual berbagai produk motor, dengan claim produk termurah dan original. Segmentasi pelanggan digunakan pada Sentral Motor Yamaha Lubuk Begalung bertujuan untuk melakukan pengelompokkan pelanggan, yang diolah dari data transaksi penjualan. Dengan memanfaatkan Customer Relationship Management (CRM) memberikan interaksi antara dealer dan pelanggan guna meningkatkan penjualan. CRM hadir dalam bentuk sistem yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian, yang terdapat berbagai fitur didalamnya, tentunya sangat memudahkan pelanggan dalam menggunakan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam CRM adalah data mining. Dengan teknik pengelompokkan metode k-medoids menghasilkan cluster pelanggan prioritas dan biasa. Permasalahan pada Sentral Motor Yamaha Lubuk Begalung dapat diselesaikan dengan metode ini, tentunya berguna bagi pihak perusahaan yaitu menarik pelanggan dengan berbagai fitur didalamnya. Melalui penerapan teknik pengelompokkan K-Medoids ini, diharapkan menjadi strategi customer relationship management dengan tujuan menarik pelanggan baru. Kata Kunci: Segmentasi Pelanggan, Customer Relationship Management, KMedoids

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:45
Last Modified: 10 Jan 2024 06:45
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/8920

Actions (login required)

View Item View Item