CUSTOMER RELANTIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA TOKO METACOM

Ikhsan, Muhammad Nuzul (2022) CUSTOMER RELANTIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA TOKO METACOM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG.

[img] Text
Skripsi_18101152630067_Muhammad Nuzul Ikhsan_Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Skripsi_18101152630067_Muhammad Nuzul Ikhsan_BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Skripsi_18101152630067_Muhammad Nuzul Ikhsan_Daftar Pustaka.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Skripsi_18101152630067_Muhammad Nuzul Ikhsan_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dalam era globalisasi, perkembangan kecanggihan teknologi yang semakin pesat merupakan aspek yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai kemudahankemudahan, tidak terkecuali dalam arus informasi.Setiap perusahaan memiliki cara masing-masing dalam mempertahankan pelanggan. Pada toko Metacom upaya untuk mempertahankan pelanggan belum dilakukan secara update dan online, Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu mempertahankan pelanggan untuk memenuhi tujuan tersebut dengan cara mengkombinasikan metode CRM dan TOPSIS. Untuk itu diadakan analisa data pelanggan pada toko Metacom dengan menggunakan metode Topsis, dari 10 data transaksi dihasilkan 2 yang direkomendasikan untuk diberikan diskon pada barang tersebut. Hasil dari penerapan TOPSIS tersebut menggunakan hasil perengkingan dari hasil transaksi barang.Analisa Topsis ini dapat digunakan untuk mengubah sebuah aplikasi CRM, dimana aplikasi ini sudah dilengkapi dengan system informasi penjualan serta pendataan barang (Kasir) dan aplikasi penjualan dengan menggunakan metode Topsis Dengan kombinasi kedua metode tersebut di Toko Metacom, penulis akhirnya mendapatkan data yang bisa diterapkan pada strategi mempertahankan pelanggan. Kata Kunci : Customer Relationship Management, Sistem Pengambilan Keputusan, Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS), Penjualan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:33
Last Modified: 10 Jan 2024 04:33
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/8913

Actions (login required)

View Item View Item