DETERMINATION OF INTERESTS IN BUYING SAMSUNG BRAND SMARTPHONE IN ONLINE LEARNING IN THE ERA OF COVID-19

Putra, Ramdani Bayu and Mulyani, Sitti Rizki and Ridwan, Muhammad and Fitri, Hasmaynelis (2023) DETERMINATION OF INTERESTS IN BUYING SAMSUNG BRAND SMARTPHONE IN ONLINE LEARNING IN THE ERA OF COVID-19. Jurnal ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora, 25 (3). pp. 346-356. ISSN ISSN1411-0911 (Submitted)

[img] Text
DETERMINATION OF INTERESTS IN BUYING SAMSUNG BRAND SMARTPHONE IN ONLINE LEARNING IN THE ERA OF COVID-19.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK. Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan scluruh aktivitas kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Penggunaan teknologi sistim informasi semakin memperkuat pencrapan pembelajaran daring di dunia pendidikan, mulai tingkat sekolah dasar sampai dengan tingkat perguruan tinggi. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap peningkatan penggunaan salah satu alat komunikasi berupa smartphone dengan merck Samsung, yaitu yang merupakan alat komunikasi cerdas yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Tinggi penggunaan smartphone ini telah berdampak terhadap permintaan dan minat beli dari pelanggan semenjak terjadinya Pandemi Covid-19. Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian in berusaha menganalisis penentuan minat beli smartphone merek Samsung dalar mendukung pembelajaran online. Sampel penelitian ini adalah 98 mahasiswa Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Penelitian menggunakan Model structural equation modeling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 3. Hasil penclitian menunjukkan bahwa minat beli smartphone merek Samsung pada mahasiswa dipengaruhi olch faktor celebrity endorser dan brand image. Temuan ini mengungkapkan bahwa kontribusi ketokohan berupa selebriti ikut menjadi faktor yang memperkuat minat bel smartphone merck Samsung. Sedangkan faktor citra merek produk juga meiadi bagian yang ikut memperkuat minat beli smartphone merek Samsung. Fakta lain juga menunjukkan bahwa brand image tidak berperan dalam memediasi pengaruh celebrio endorser terhadap minat beli smartphone merek Samsung. Temuan ini juga menjelaskan pada kondisi tertentu minat beli pelanggan terhadap martphone merek Samsung tidak selalu memperhatikan citra merek dari produk. namun terkadang lebih memperhatikan celebrity endorser. Temuan in merekomendasikan agar perusahaan dapat lebih mempertahankan dan memperkuat faktor celebrity endorser serta mampu meningkatkan kualitas brand image produknya agar minat beli pelanggan menjadi lebib tinggi. Kata kunci: celebrity endorser; citra merek: minat beli

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:51
Last Modified: 20 Nov 2023 06:51
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/8158

Actions (login required)

View Item View Item