PENERAPAN LITERASI KEUANGAN DAN 12 PRINSIP DASAR PADA UMKM EMPING KEDELAI MAREM

Ambarwati, Ambarwati and Yuliana, Defy Putri and Sari, Mezi Puspita and Yolanda, Sustri and Putra, Ramdani Bayu (2022) PENERAPAN LITERASI KEUANGAN DAN 12 PRINSIP DASAR PADA UMKM EMPING KEDELAI MAREM. Communnity Development Journal, 3 (1). ISSN P-ISSN 2721-4990 | E-ISSN 2721-5008 (Submitted)

[img] Text
C29. Penerapan Literasi Keuangan dan 12 Prinsip, S5.pdf

Download (322kB)

Abstract

Abstrak Menghadapi persaingan yang semakin kompetitif menuntut pelaku usaha untuk mencari solusi baru dalam mengembangkan usahanya, khususnya dalam hal pengembangan produk strategi inovasi perlu dikembangkan dan dilakukan tanpa inovasi pelaku usaha akan mati sebaliknya pelaku usaha yang melakukan inovasi secara terus menerus akan dapat mendominasi pasar, dengan keatifitas, model dan penampilan produk yang baru. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui inovasi produk pada Umkm Kedelai Emping Marem. Metode yang dilakukan dengan mewawancarai pemilik usaha dalam menerapkan inovasi produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Umkm Kedelai Emping Marem telah menerapkan jenis inovasi produk yang terdiri dari : inovasi produk berbasis modulasi, inovasi produk berbasis ukuran, inovasi produk berbasis kemasan, inovasi produk berbasis desain, inovasi produk berbasis pengembangan bahan komplementer, inovasi produk berbasis pengurangan upaya. Berdasarkan kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa Umkm Kedelai Emping Marem akan memberikan pemahaman pentingnya inovasi produk untuk meningkatkan kualitas dan penjualan usaha yang sedang dilakukan. Kata kunci: Inovasi Produk, UMKM Kedelai Emping Marem

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:38
Last Modified: 20 Nov 2023 02:38
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/8150

Actions (login required)

View Item View Item