Suryana, Febriyanno and Erdisna, Erdisna (2023) The Learning Module Uses FASTER Learning Model in C Programming Language Courses. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 6 (1). pp. 148-155. ISSN 2614-3895
Text
Jurnal 3.pdf Download (273kB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan peserta didik dalam mata kuliah Bahasa Pemrograman C, disebabkan karena kurangnya penggunaan model serta media yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk menguji validitas dan praktikalitas modul pembelajaran kedua buku model yaitu buku panduan dosen serta buku modul & panduan mahasiswa. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan metode quisioner dan wawancara dengan instrument penelitian berupa instrumen uji kevalidan dan instrumen uji praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitati. Data hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil dari penilaian pakar memperoleh nilai rata-rata sebesar 0.90 dengan kategori Valid. Buku panduan dosen dan nilai rata-rata sebesar 0.87. Buku modul & panduan mahasiswa dengan kategori Valid. Praktikalitas buku panduan dosen menghasilkan nilai rata-rata sebesar 90.09 (Sangat Praktis). Praktikalias buku modul & panduan mahasiswa menghasilkan nilai rata-rata sebesar 91.20 (Sangat Praktis). Disimpulkan bahwa model FASTER layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Pemrograman C serta modul yang digunakan sangat mudah dipakai dan membantu dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 04:07 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:10 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/8106 |
Actions (login required)
View Item |