ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI BISNIS UMKM KERUPUK AZIZAH

Suri, Putri Anggun and Feranisa, Rani and Maulana, Reksa and Afifah, Rifa and Putra, Ramdani Bayu (2023) ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI BISNIS UMKM KERUPUK AZIZAH. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu Nusantara, 1 (1). pp. 1-6. ISSN xxxx-xxxx

[img] Text
D7. Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Bisnis Umkm Kerupuk Azizah, TA.pdf

Download (74kB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor penting dalam perekonomian salah satu jenisnya adalah UMKM kerupuk azizah. Kerupuk azizah merupakan makanan ringan yang memiliki pasar yang luas dan permintaan yang tinggi di masyarakat. Abstrak ini membahas tentang UMKM kerupuk azizah, meliputi aspek-aspek penting terkait produksi, pemasaran, dan tantangan yang dihadapi. UMKM kerupuk azizah dimulai dengan skala kecil, produksi yang dilakukan di rumah dengan fasilitas sederhana. Bahan baku utama untuk kerupuk bawang adalah tepung tapioka, tepung terigu, dan bahan tambahan lainnya seperti bawang putih, bawang merah, dan cabe. Proses produksi melibatkan pencampuran bahan-bahan, pembentukan adonan, penggilingan, dan penggorengan. Dalam pemasaran, UMKM kerupuk azizah umumnya mengandalkan saluran distribusi lokal, seperti toko-toko, pasar tradisional, atau luar sumbar. Namun, dengan perkembangan teknologi informasi dan internet, banyak UMKM kerupuk azizah juga mulai memanfaatkan platform online untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Melalui media sosial, shoppe, facebook, atau tokopedia. mereka dapat mencapai konsumen di berbagai daerah dan bahkan di luar negeri. Namun, UMKM kerupuk azizah juga menghadapi beberapa tantangan. Salah satunya adalah persaingan dalam produk, persaingan timbul karna tingginya permintaan dan pasar yang luas. Selain itu, para pesaing kerupuk azizah yang sama bergerak dibidang pembuatan kerupuk bawang dan kue lainnya memberikan harga yang lebih murah unuk produk yang sejenis. Dalam kesimpulan, UMKM kerupuk azizah memiliki peran yang signifikan dalam perekonomian dengan menyediakan lapangan kerja dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Namun, mereka dihadapkan pada berbagai tantangan yang perlu diatasi. Dengan adanya upaya peningkatan kualitas, pemasaran yang efektif, dan dukungan dari berbagai pihak, UMKM kerupuk azizah dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi pemilik usaha dan masyarakat secara umum. Kata kunci: Konsumen, Sosial Media, UMKM, Kerupuk Azizah

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Bisnis
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:48
Last Modified: 17 Nov 2023 02:48
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/8083

Actions (login required)

View Item View Item