PERANCANGAN SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI MODALITAS BELAJAR DAN KECERDASAN GANDA PADA SISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC

Fatmasari, Nova (2022) PERANCANGAN SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI MODALITAS BELAJAR DAN KECERDASAN GANDA PADA SISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Nova Fatmasari_18101152610085_ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Nova Fatmasari_18101152610085_BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Nova Fatmasari_18101152610085_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI_Nova Fatmasari_18101152610085_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kecerdasan ganda dan modalitas belajar yang dimiliki setiap siswa perlu diperhatikan oleh guru. Karena untuk memaksimalkan proses pembelajaran diperlukan kedua hal tersebut. Namun, hal ini sering diabaikan oleh guru. Proses belajar yang dilakukan hanya memfokuskan kepada kecerdasan tunggal dan cara belajar yang berfokus dalam memperhatikan guru menerangkan materi. Cara tersebut tentu menyebabkan proses belajar menjadi tidak maksimal. maka dari itu perlunya sistem pakar yang dapat membantu guru dan siswa mengetahui hal tersebut. Sistem pakar yang akan diolah mengambil pengetahuan dari guru Bimbingan Konseling SMAN 15 Padang menggunakan metode Fuzzy Logic Tsukamoto. Sistem pakar ini diolah menggunakan bahasa pemograman Visual Basic.Net, sistem pakar ini dapat mengidentifikasi 4 tipe kecerdasan ganda yaitu lingustik,logika matematika, musik dan intrapersonal dan juga modalitas belajar yang dimiliki setiap siswa dengan rule yang telah ditentukan. Hasil dari sistem pakar dapat membantu guru dan siswa dalam menigkatkan proses belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Pakar
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:36
Last Modified: 22 Jun 2023 07:36
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/5747

Actions (login required)

View Item View Item