PERANCANGAN DAN PEMBUTAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMK N 1 PADANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Putra, Rian Desria (2020) PERANCANGAN DAN PEMBUTAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMK N 1 PADANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_Rian Desria Putra_16101156110023_ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI_Rian Desria Putra_16101156110023_BAB 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_Rian Desria Putra_16101156110023_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_Rian Desria Putra_16101156110023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan Keterbatasan sumber belajar Simulasi dan Komunikasi Digital yang ada di SMK Negeri 1 Padang pada tahun ajaran 2019/2020. Hal ini terjadi karena belum adanya media pembelajaran yang kurang menarik minat belajar bagi siswa. Oleh karena itu penulis berupaya merancang media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK N 1 Padang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development). Sabjek penelitian berjumlah 35 orang siswa SMK Negeri 1 Padang. Metode penelitian ini menggunakan analisis (ADDIE), dengan desain dan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) Analyze, (2) Design, (3) development, (4) Implementasi, dan(5) Evaluate. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Negeri 1 Padang sebesar 83,17%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Negeri 1 Padang sebesar 88,46%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektifitas secara keseluruhan penilaian efektifitas terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Negeri 1 Padang sebesar 90,68% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interpretasikan sangat baik digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan Media Pembelajaran Berbasis Android sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X SMK Negeri 1 Padang. Kata kunci : Android, Media Pembelajaran, Simulasi dan Komunikasi Digital

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:38
Last Modified: 11 Apr 2023 04:38
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4872

Actions (login required)

View Item View Item