HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMKN 1 SINTUK TOBOH GADANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Zuhra, Gifry (2021) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMKN 1 SINTUK TOBOH GADANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
skripsi_Gifry Zuhra_14101156110019_Abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Skripsi_Gifry Zuhra_14101156110019_BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi_Gifry Zuhra_14101156110019_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi_Gifry Zuhra_14101156110019_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X TKJ di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data yang normal dan linier. Hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0,05 (taraf kepercayaan 95%) didapatkan nilai rx1y sebesar 0,491 dengan rtabel 0,2256 karena rhitung>rtabel maka hipotesis pertama diterima. Kemudian nilai rx2y sebesar 0,492 dengan rtabel 0,2256, karena rhitung>rtabel maka hipotesis kedua diterima. Selanjutnya nilai rx1x2y sebesar 0,50 dengan rtabel 0,2256, karena rhitung>rtabel maka hipotesis ketiga diterima. Dan didukung oleh nilai Fhitung = 41,67 dan Ftabel = 3,120 sehingga diperoleh Fhitung> Ftabel (41,67>3,120).Dengan demikian hipotesis ketiga diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Konseling
0 Research > Pendidikan dan Keguruan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:15
Last Modified: 22 Jul 2024 06:26
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4443

Actions (login required)

View Item View Item