IDENTIFIKASI ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI ANALISIS SWOT PADA PENGELOMPOKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS

Hafsari, Rizka (2021) IDENTIFIKASI ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI ANALISIS SWOT PADA PENGELOMPOKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS. Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img]
Preview
Text
THESIS_Rizka Hafsari_192321022_ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
THESIS_Rizka Hafsari_192321022_BAB1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
THESIS_Rizka Hafsari_192321022_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
THESIS_Rizka Hafsari_192321022_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan suatu badan usaha yang dilakukan oleh sekelompok atau individu yang tidak memiliki kaitan dengan perusahaan tertentu. Pasca pandemi COVID-19, menyebabkan pertumbuhan sektor ekonomi di Indonesia mengalami dampak yang signifikan, terutama pada sektor UMKM yang menjadi tumpuan masyarakat hingga saat ini. Sehingga pelaku UMKM membutuhkan strategi pemasaran digital di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 guna menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan mengintegrasikan teknologi informasi saat ini dan di masa yang akan datang. Penelitian ini melakukan pengelompokan UMKM dengan menggunakan metode Fuzzy C-Means. Kriteria yang digunakan pada penelitian ini di antaranya, nama UMKM, tahun mulai usaha, jenis usaha, jumlah tenaga kerja, modal, asset dan omset. Selanjutnya, Penelitian ini juga melakukan identifikasi adopsi teknologi informasi pelaku UMKM menggunakan análisis SWOT yang berdasarkan hasil pengelompokan menggunakan Fuzzy C-Means. Analisis ini merupakan sebuah metode strategis yang kompleks dengan menyajikan dan mengatur informasi dengan cara yang jelas untuk pengambilan keputusan. Indikator yang digunakan berdasarkan 4 faktor, di antaranya strengths, weaknesses, opportunities dan threats. Penerapan metode Fuzzy C-Means telah berhasil dilakukan dengan menggunakan RapidMiner Studio sehingga memperoleh 2 cluster, di antaranya cluster 1 berjumlah 35 item dan cluster 2 berjumlah 50 item dengan total 85 item. Berdasarkan hasil análisis SWOT, penelitian ini menghasilkan strategi S-O yang merupakan strategi agresif yang diciptakan dengan menggunakan kekuatan (strengths) untuk memanfaatkan peluang (opportunities) berdasarkan faktor-faktor yang telah dilakukan. Kata kunci: UMKM, Adopsi Teknologi Informasi, Analisis SWOT, Fuzzy C-Means

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Teknologi Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:02
Last Modified: 10 Mar 2023 03:02
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4402

Actions (login required)

View Item View Item