Mauliadi, Rafki (2022) DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DALAM ANALISIS TINGKAT POTONGAN HARGA TERHADAP HARGA JUAL SEPEDA MOTOR HONDA. Masters thesis, Univesitas Putra Indonesia YPTK.
|
Text (Abstrak)
Thesis_Rafki Mauliadi_202321066_Abstrak.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Thesis_Rafki Mauliadi_202321066_BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Thesis_Rafki Mauliadi_202321066_Daftar Pustaka.pdf Download (598kB) | Preview |
|
Text (Full Text)
Thesis_Rafki Mauliadi_202321066_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Knowledge Discovery in Database (KDD) memiliki proses analisa terstruktur untuk mendapatkan informasi terbaru. Data mining berperan dalam esktraksi informasi yang tersembunyi dengan salah satu metode yaitu clustering. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat potongan harga yang tepat dari setiap tipe sepeda motor Honda. Data yang diolah dalam penelitian ini bersumber dari bagian Marketing Main Dealer Sepeda Motor Honda Sumatera Barat. Selanjutnya data ini diolah dengan teknik Data Mining menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Tahapan pengolahannya adalah menentukan jumlah cluster dan centroid, kemudian menghitung jarak antara titik centroid dan tiap objek pada data. Objek yang sudah ditentukan dikelompokkan untuk menentukan anggota cluster berdasarkan jarak. Dilanjutkan penghitungan hingga nilai centroid yang dihasilkan tetap dan anggota cluster tidak berpindah ke cluster lain. Hasil dari pengujian terhadap algoritma ini adalah 3 cluster dengan 42 data uji, pada cluster 1 terdapat 34 tipe kendaraan mendapat potongan harga, kemudian cluster 2 sebanyak 7 tipe kendaraan boleh diberikan potongan harga dan cluster 3 sebanyak 1 tipe kendaraan tidak dapat potongan harga. Analisis hasil pengujian telah dapat menentukan tingkatan potongan harga jual sepeda motor Honda. Dengan mengelompokkan data minat pelanggan sudah dapat direkomendasikan untuk pemberian potongan harga jual agar dapat membantu manajemen marketing meningkatkan penjualan sepeda motor Honda. Kata Kunci : Data Mining, Clustering, K-Means, Sepeda Motor Honda, Potongan Harga, Algoritma
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Ryan Ariadi A.Md |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 01:40 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 01:40 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4349 |
Actions (login required)
View Item |