Sistem Pakar dengan Metode Backward Chaining untuk Optimalisasi Layanan Helpdesk E-Government (Studi Kasus di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh)

Hariona, Popi (2020) Sistem Pakar dengan Metode Backward Chaining untuk Optimalisasi Layanan Helpdesk E-Government (Studi Kasus di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh). Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img]
Preview
Text
THESIS_POPI HARIONA_182321077_ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
THESIS_POPI HARIONA_182321077_BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
THESIS_POPI HARIONA_182321077_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
THESIS_POPI HARIONA_182321077_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Layanan Helpdesk E-Government merupakan layanan bantuan untuk menangani kebutuhan pengguna terkait dengan gangguan dan permasalahan yang terjadi baik itu infrastruktur dan jaringan, aplikasi dan sistem informasi serta keamanan informasi yang terjadi di Pemerintah Kota Payakumbuh. Pada saat ini sebagian besar pengaduan yang masuk pada front office helpdesk selalu membutuhkan teknisi dalam penanganannya, meskipun adanya keterbatasan jumlah teknisi untuk penanganan permasalahan E-Government di Kota Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk optimalisasi Layanan Helpdesk E-Government sehingga dapat dilakukan pelayanan tanpa campur tangan teknisi secara langsung. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data laporan gangguan yang masuk ke layanan Helpdesk E-Government Kota Payakumbuh selama 11 bulan terakhir dari 33 Perangkat Daerah yang ada di Kota Payakumbuh dan tahapan-tahapan penyelesaian permasalah oleh teknisi. Penelitian ini menggunakan metode Backward Chaining untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan layanan E-Government. Hasil yang dicapai penelitian ini adalah sebanyak 21 Rule yang dapat diaplikasikan secara langsung pada layanan helpdesk, dengan tingkat akurasi sebesar 94,1%. Rule yang dihasilkan dengan metode Backward Chaining dapat digunakan untuk optimalisasi penyelesaian gangguan yang masuk ke helpdesk oleh front office tanpa menunggu teknisi. Kata kunci: Sistem Pakar, Helpdesk, Backward Chaining, E-Government.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Pakar
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:34
Last Modified: 06 Mar 2023 01:34
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4296

Actions (login required)

View Item View Item