PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE DRILL/LATIHAN DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATAKULIAH KONSEP TEKNOLGI INFORMASI

Hakiki, Muhammad and Sefriani, Rini (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE DRILL/LATIHAN DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATAKULIAH KONSEP TEKNOLGI INFORMASI. JURNAL TUNAS PENDIDIKAN, 4 (2). pp. 247-254. ISSN 2621-1629

[img]
Preview
Text
2022-Tunas-Pendidikan-Paper-Ok.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam proses pemebelajaran serta masih rendahnya keinginan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berfikir untuk menggali informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode Drill/latihan dengan bantuan media visual pada programstudi pendidikan teknologi informasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 pada matakuliah konsep teknolgi informasi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik analisis data Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode Drill/latihan dengan bantuan media visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah konsep teknolgi informasi. Rincian hasil observasi pendidik pada siklus I pertemuan I dengan rata- rata persentase sebesar 75% pertemuan ke II 83,33% dan pada siklus II pertemuan I sebesar 83,33% pertemuan ke II sebesar 91,66% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi peserta didik pada siklus I pada pertemuan I dengan persentase sebesar 40% pertemuan ke II 66,66% dan siklus II pertemuan I sebesar 73,33% pertemuan ke II 80%. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 46,66% meningkat menjadi 53,33% pada siklus II. Disimpulkan bahwa penggunaan metode Drill/latihan dengan bantuan media visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah konsep teknolgi informasi.

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 25 Feb 2023 04:29
Last Modified: 25 Feb 2023 04:29
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4158

Actions (login required)

View Item View Item