Similarity: Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Sefriani, Rini (2020) Similarity: Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
5. 2020-Edukatif-Similarity.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yaitu belum maksimalnya pemanfaatan fasilitas hotspot untuk kebutuhan pembelajaran oleh mahasiswa di Kampus, serta masih rendahnya kemampuan literasi digital mahasiswa. Penelitian bertujuan untuk mengtahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas media e�learning berbasis schoology pada pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrument dalam penelitian ini adalah angket dan soal tes. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Putra Indonesia Yptk Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ingkat validitas media e-learning berbasis schoology diperoleh sebesar 84,25 % dengan interpretasi valid digunakan, untuk tingkat tingkat praktikalitas diperoleh sebesar 85,64 % yang berarti sangat praktisdigunakan oleh pendidik dan mahasiswa dan untuk tingkat uji efektifitas dengan menggunakan uji N-gain diperoleh nilai skor N-gain sebesar0,667 yang berarti efektif menggunakanmedia E-Learning Berbasis Schoology pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan schoology dalam pembelajaran e-learning dapat mengoptimalkan kemampuan literasi digital mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects: 2 Surat Keterangan > Similarity
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:14
Last Modified: 23 Feb 2023 03:28
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4053

Actions (login required)

View Item View Item