Analysis and Development of Marketing for the Creative Industry of West Sumatra Based on E-Commerce with the Concept of Customer Relationship Management (Crm) (Analisa Dan Pengembangan Pemasaran Industri Kreatif Sumatera Barat Berbasis E-Commerce Dengan K

Akhiyar, Dinul and Sari, Vivi Nila and Muhammad, Abulwafa (2019) Analysis and Development of Marketing for the Creative Industry of West Sumatra Based on E-Commerce with the Concept of Customer Relationship Management (Crm) (Analisa Dan Pengembangan Pemasaran Industri Kreatif Sumatera Barat Berbasis E-Commerce Dengan K. Jurnal KomtekInfo, 6 (2). pp. 144-154. ISSN 2356-0010

[img]
Preview
Text
Abulwafa_Muhammad_Analysis and Development of Marketing for the Creative Industry of West Sumatra Based on E-Commerce with the Concept of Customer Relationship Management (CRM).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL/ URL Asal/ URL DOI: http://doi.org/10.35134/komtekinfo.v6i2.53

Abstract

Sumatera Barat merupakan suatu daerah di Indonesia yang memiliki banyak Industri Kreatif, hal ini menjadikan alasan pemerintah menempatkan perwakilan Kementrian Industri Kreatif di wilayah ini. Hal ini dilakukan untuk membina, mengawasi dan mengembangkan Industri Kreatif yang ada saat ini. Industri Kreatif yang ada saat ini sangatlah beragam ada 15 bidang yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia, Periklanan (Advertising), Arsitektur, Pasar Barang Seni, Kerajinan(Craf), Desain, Video, Film, Fotografi, Permainan Interaktif (Games), Musik, Seni Pertunjukan (Showbiz), Penerbitan dan Percetakan, Layanan Komputer dan Piranti Lunak, Televisi dan Radio (Broadcasting), Riset dan Pengembangan (R&D), Kuliner. Dari 15 Bidang Industri Kreatif di Indonesia tersebut untuk wilayah Sumatera Barat terdapat 9 sub sektor Industri Kreatif yang sangat potensial yaitu, fashion,, kuliner, kerajinan tangan, musik, seni pertunjukan, fotografi, desain, animasi, dan film namun belum semua bidang industri kreatif tersbut berkembang sehingga berdampak terhadap pemasaran produknya. Untuk itu perlu dlakukan analisa dan pengembangan pemasaran industri kreatif Sumatera Barat yang mengedepankan konsep Customer Relationship Management(CRM) sehingga akan diketahui konsep pemasaran yang memiliki potensi untuk meningkatkan pemasaran produk industri kreatif. Terlebih saat ini Pemerintah Provinsi Sedang mengembangkan Industri Pariwisata Halal, tentu di bidang ini sangat banyak sekali peluang untuk pengembangan Industri Kreatif.

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Masriadi, S.Kom, M.Kom
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:26
Last Modified: 17 Sep 2021 07:26
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item