Kajian SCL, CL dan CBL terhadap Pemahaman Mahasiswa dalam Pembelajaran Statistik

Eliza, E (2018) Kajian SCL, CL dan CBL terhadap Pemahaman Mahasiswa dalam Pembelajaran Statistik. Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi (JUSIE), 1. pp. 12-18. ISSN 2503-1503

[img]
Preview
Text
JUSIE, VOL.3, NO.01, MEI-OKTOBER 2018.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang diiringi juga oleh kemajuan teknologi menjadi patokan untuk mewujudkan kualitas sistem pendidikan yang semakin meningkat. Komitmen dan kebutuhan dalam meningkatkan kualitas pendidikan sangat penting, terutama untuk mengatasi fenomena penurunan kualitas pendidikan itu sendiri yang dapat dilihat dari metode pembelajaran di masa lalu, dimana siswa hanya mendengarkan materi penjelasan dari dosen. dan hanya untuk memahami penjelasan dosen dan membuat catatan. Di era globalisasi dan kemajuan teknologi begitu cepat dan canggih seperti sekarang ini informasi dan pengetahuan menyebar dengan cepat dan murah. Ini menyebabkan semua orang mengakses informasi dan mempelajari pengetahuan dengan cara yang mudah. HEALTS yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi memberikan mandat, salah satunya adalah penerapan prinsip SCL dalam proses pembelajaran. Ada berbagai metode pembelajaran untuk SCL, dua di antaranya adalah CBL dan CL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih menguji pengaruh SCL, CL, dan CBL UPI YPTK dengan teknik purposive sampling sampling. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh, bahwa SCL dan CBL tidak memiliki pengaruh yang signifikan, sedangkan CL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran statistik. Di masa depan, metode SCL dan CBL dapat berkontribusi sangat besar dalam pembelajaran terutama bagi siswa.

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 11 Jul 2020 04:57
Last Modified: 11 Jul 2020 04:57
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item View Item