Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK-SMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

Khairani, Nikmatul (2019) Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK-SMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img]
Preview
Text
15101156110038_ Nikmatul Khairani.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan keterbatasan sumber belajar Simulasi dan Komunikasi Digital yang ada di SMKSMAK Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Hal ini terjadi karena tidak adanya media pembelajaran yang menarik minat belajar bagi siswa. Oleh karena itu penulis berupaya merancang media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK-SMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian berjumlah 32 orang terdiri dari 31 siswa dan 1 orang guru SMK-SMAK Padang. Metode penelitian ini menggunakan analisis (4-D model), dengan desain dan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) Define, (2) design, (3) development, dan (4) disseminate. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK-SMAK Padang Semester Ganjil sebesar 89,33%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK-SMAK Padang Semester Ganjil sebesar 86,88%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektifitas secara keseluruhan penilaian efektifitas terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK-SMAK Padang Semester Ganjil sebesar 87,42% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan media pembelajaran berbasis android sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X SMK-SMAK Padang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 15101156110038
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Komputer Jaringan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Masriadi, S.Kom., M.Kom
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:39
Last Modified: 19 Feb 2019 02:39
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item View Item