Asmara, Zoni (2019) Hubungan Gaya dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMKSMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.
|
Text
SKRIPSI ZONI ASMARA 15101156110017_ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena pada setiap siswa belajar dengan kecepatan yang berbeda serta kecenderungan gaya belajar siswa yang berbeda dalam menyimak dan menerima informasi dan adanya siswa yang kurang keseriusan minat dalam belajar yang menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan judul hubungan gaya dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digtal siswa kelas X SMK-SMAK Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar, dan antara minat belajar dengan hasil belajar serta antara gaya belajar dan minat belajar secara bersama-sama pada hasil belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK-SMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK-SMAK Padang pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMK-SMAK Padang yaitu 254 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang siswa dan selanjutnya melakukan analisis data dengan mencari Interval, Mean, Median, Modus, Normalitas, Linear, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien hubungan gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital. Hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0,05 (taraf kepercayaan 95%) didapatkan nilai rx1y sebesar 9,6425 dengan rtabel 0,160 karena rhitung>rtabel maka hipotesis pertama diterima. Kemudian nilai rx2y sebesar 2,351 dengan rtabel 0,160, karena rhitung>rtabel maka hipotesis kedua diterima. Selanjutnya nilai rx1x2y sebesar 2,948 dengan rtabel 0,160, karena rhitung>rtabel maka hipotesis ketiga diterima. Dan didukung oleh nilai Fhitung = 7,224 dan Ftabel = 3,06 sehingga diperoleh Fhitung> Ftabel (7,224 >3,06). Dengan demikian hipotesis ketiga diterima, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang yang positif dan signifikan gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digtal siswa kelas X di SMK-SMAK Padang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa masih ada variabel lain yang berhubungan dengan Hasil belajar pada gaya dan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 15101156110017 |
Subjects: | 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Komputer Jaringan |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Masriadi, S.Kom., M.Kom |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 02:42 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 02:42 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2425 |
Actions (login required)
View Item |