PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PERENCANAAN PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING

ARIFIN, YUNI SARA (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PERENCANAAN PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img]
Preview
Text
15101155110387_YUNI SARA ARIFIN_ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Yuni Sara Arifin 15101155110387, Jurusan Akuntansi, Tahun 2019, Pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan perencanaaan pajak terhadap manajemen laba dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderating. Dibawah bimbingan Bapak Dr.Fitrizal. SE, MM. dan Ibu Hilda Mary SE, MM. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan perencanaaan pajak terhadap manajemen laba dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk penentuan sampel dengan jumlah populasi sebanyak 43 perusahaan dan sampel sebanyak 27 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data tahunan dari laporan keuangan dan Indonesiaan Capital Market Directory (ICMD)dari tahun 2013-2017. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deksriptif, uji asumsi klasik, uji korelasi, dan regresi linear berganda serta Moderating Regresi Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh leverage secara positif dan signifikan terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,002. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,595. Dan perencanaan pajak tidak pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba dengan nilai signifikanya sebesar 0,080. Serta terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi masing-masing variabel yaitu ukuran perusahaan, leverage dan perencanaaan pajak terhadap manajemen laba dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderating terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi masing-masing 0,964, 0,011, dan 0,000. Akhirnya penulis menyarankan kepada industri manufaktur sektor barang konsumsi untuk meningkatkan kepercayaan pemegang saham terhadap perusahaan, maka perusahaan harus mampu menunjukkan kinerja perusahaan yang bagus serta agar sebelum melakukan investasi, sebaiknya investor harus memperhatikan perencanaan pajak dan manajemen laba yang dilakukan perusahaan, hal ini terbukti bahwa perencanaan pajak dampak positif terhadap manajemen laba, sehingga perusahaan yang perencanaan pajak dengan baik, juga akan melakukan manajemen laba dengan baik, dan perusahaan tersebut pantas untuk dijadikan tempat berinvestasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 15101155110387
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Perpajakan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:57
Last Modified: 11 Feb 2019 06:57
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item