PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MARKETPLACE SHOPEE

Saputra, Rahmad Aldo (2025) PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MARKETPLACE SHOPEE. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img]
Preview
Text
Skripsi_19101155310769_Rahmad Aldo Saputra_Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_19101155310769_Rahmad Aldo Saputra_BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_19101155310769_Rahmad Aldo Saputra_Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
Skripsi_19101155310769_Rahmad Aldo Saputra_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di marketplace shopee di Indonesia. Dalam konteks e-commerce yang semakin berkembang pesat, promosi dan kualitas produk menjadi faktor krusial yang memengaruhi perilaku pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang aktif berbelanja di platform marketplace shopee pada mahasiswa manajemen FEB UPI YPTK angkatan 2021. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk mengidentifikasi hubungan dan kekuatan pengaruh antara promosi, kualitas produk, dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan promosi yang meningkatkan kemungkinan konsumen untuk membeli. Selain itu, kualitas produk juga terbukti mempengaruhi keputusan pembelian secara positif, di mana produk dengan kualitas tinggi lebih cenderung dipilih oleh konsumen. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi promosi dan penekanan pada peningkatan kualitas produk merupakan faktor penting bagi marketplace di Indonesia dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pelaku bisnis e- commerce untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan daya tarik produk dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kata kunci: Promosi, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis
0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:47
Last Modified: 28 Oct 2025 03:47
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/14069

Actions (login required)

View Item View Item