PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA (DTE) MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE KELAS X ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK SEMEN PADANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Maryam, Devi Nurul (2025) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA (DTE) MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE KELAS X ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK SEMEN PADANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_21101156110007_DEVI NURUL MARYAM_Abstrak.pdf

Download (207kB)
[img] Text
SKRIPSI_21101156110007_DEVI NURUL MARYAM_Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text
SKRIPSI_21101156110007_DEVI NURUL MARYAM_Bab 1.pdf

Download (297kB)
[img] Text
SKRIPSI_21101156110007_DEVI NURUL MARYAM_Full TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada mata pelajaran Dasar Teknik Elektronika (DTE) untuk siswa kelas X Elektronika Industri di SMK Semen Padang. Media ini dikembangkan menggunakan Adobe Animate sebagai alat bantu interaktif dalam pembelajaran, guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan. Proses pengembangan media pembelajaran ini mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) . Validitas media diuji oleh tiga validator dengan hasil rata-rata 86,33% yang menunjukkan bahwa media ini sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji praktikalitas yang melibatkan 14 siswa menghasilkan rata-rata 90% sehingga media ini dianggap sangat praktis . Sementara itu, uji efektivitas dengan 25 soal tes menunjukkan efektivitas sebesar 89,71% yang menandakan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis android ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri. Namun, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, antara lain hanya diterapkan pada kelas X jurusan Elektronika Industri di SMK Semen Padang, sehingga hasilnya tidak dapat digeneralisasikan ke seluruh SMK atau jurusan lain. Selain itu, meskipun media telah terbukti valid, praktis, dan efektif, pengembangannya masih dapat disesuaikan lebih lanjut dengan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:12
Last Modified: 02 Jul 2025 03:12
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13796

Actions (login required)

View Item View Item