PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE ANIMATE CC BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR- DASAR KULINER KELAS X DI SMK NEGERI 9 PADANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Nasution, Nur Azima (2025) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE ANIMATE CC BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR- DASAR KULINER KELAS X DI SMK NEGERI 9 PADANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_21101156110024_NUR AZIMA NASUTION_ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
SKRIPSI_21101156110024_NUR AZIMA NASUTION_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
SKRIPSI_21101156110024_NUR AZIMA NASUTION_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_21101156110024_NUR AZIMA NASUTION_BAB I.pdf

Download (162kB)

Abstract

Berdasarkan identifikasi masalah yang telah di paparkan salah satunya yaitu kurangnya minat atau hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner maka dari itu peneliti membuat sebuah media pembelajaran interaktif bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Kuliner Kelas X di SMK Negeri 9 Padang Tahun Ajaran 2024/2025 Penelitian Ini Menggunakan Metode Pengembangan penelitian (research & development). Subjek Penelitian berjumlah 30 orang siswa dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 210 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (ADDIE) dengan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation dan (5) Evaluate. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Kuliner Kelas X di SMK Negeri 9 Padang Sebesar 89,24%, dengan interprestasi sangat valid digunakan. Hasil uji praktikalitas 90,58%, dengan interprestasi sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas 89,07%, dengan interprestasi sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, bahwasanya media pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran Dasar-dasar kuliner kelas X di SMK Negeri 9 Padang. Kata Kunci: Media Interaktif, Pembelajaran Dasar-dasar kuliner

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Konseling
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:27
Last Modified: 25 Jun 2025 07:27
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13791

Actions (login required)

View Item View Item