PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMKN 9 PADANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Adif, Anjjani Mardhika (2025) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMKN 9 PADANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
Skripsi_21101156110002_ANJJANI MARDHIKA ADIF_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi_21101156110002_ANJJANI MARDHIKA ADIF_BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Skripsi_21101156110002_ANJJANI MARDHIKA ADIF_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Skripsi_21101156110002_ANJJANI MARDHIKA ADIF_ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Skripsi_21101156110002_ANJJANI MARDHIKA ADIF_ABSTRAK.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis uji validitas, praktikalitas dan efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Unity Berbasis Andorid pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di SMKN 9 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Development (Develop), Implementasi (Implement), dan Evaluasi (Evaluate). Subjek penelitian berjumlah 35 siswa kelas X jurusan Kuliner 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Unity kelas X di SMK Negeri 9 Padang sebesar 91,03%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan sangat valid digunakan. Penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Unity kelas X di SMK Negeri 9 Padang sebesar 89,44%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan. Penilaian uji efektivitas secara keseluruhan terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Unity kelas X di SMK Negeri 9 Padang sebesar 88,12%, sehingga tingkat efektivitasnya dapat di interprestasikan sangat efektif digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis android yang menarik dan bermanfaat bagi guru serta peserta didik baik disaat pembelajaran secara tatap muka atau daring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Konseling
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:22
Last Modified: 25 Jun 2025 07:22
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13790

Actions (login required)

View Item View Item