Hasyim, Fadel Ramadhan (2025) EVALUASI IMPLEMENTASI GREEN BUILDING PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KULIAH S UIN SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
![]() |
Text
TA_20101154330013_FADEL RAMADHANA HASYIM_ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
TA_20101154330013_FADEL RAMADHANA HASYIM_BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
TA_20101154330013_FADEL RAMADHANA HASYIM_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
TA_20101154330013_FADEL RAMADHANA HASYIM_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kerusakan lingkungan dan pemanasan global yang diakibatkan oleh industri konstruksi. Salah satu upaya mengatasinya ialah green building atau bangunan hijau yang berupaya meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan sepanjang siklus hidup bangunan, mulai dari perencanaan, konstruksi, operasional, hingga penghancuran. Prinsip utama dari green building meliputi tepat guna lahan, efisiensi energi dan air, penggunaan material yang ramah lingkungan, pengelolaan limbah, dan peningkatan kualitas udara di dalam ruangan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi implementasi green building pada proyek pembangunan gedung kuliah S UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dilaksanakan dengan menganalisis kondisi eksisting gedung menggunakan greenship existing building versi 1.1 GBCI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gedung kuliah S UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi sudah mengadopsi konsep green building dengan persentase hasil penilaian 38,5 % dan kriteria Perunggu (Bronze).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Teknik > Konstruksi 0 Research > Teknik |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 08:21 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 08:21 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |