Maulana, Aldi (2024) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT XXX PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.
![]() |
Text
SKRIPSI_ALDI MAULANA_19101157510003_ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ALDI MAULANA_19101157510003_BAB 1.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ALDI MAULANA_19101157510003_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ALDI MAULANA_19101157510003_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pada rumah sakit xxx Padang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan variabel terikatnya adalah kepuasan pasien. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kualitas pelayanan dan skala kepuasan pasien. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan/incidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber (Sugiono, 2018).. Sampel dalam penelitian ini adalah 49 pasien di rumah sakit xxx Padang. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan teknik Cronbach Alpha. Hasil koefisien validitas pada pada skala kualitas pelayanan dengan nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0,308 sampai dengan 0,722, sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,910. Hasil koefisien validitas pada skala kepuasan pasien dengan nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0,306 sampai dengan 0,732, sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,902. Berdasarkan analisis data, nilai korelasi 0,738 dengan tingkat signifikansi 0,000 diperoleh, yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan dengan taraf kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pada pasien rumah sakit xxx Padang. Kontribusi efektif dari variabel kepuasan pasien terhadap variabel kualitas pelayanan adalah sebesar 54,4%. Kata kunci: kualitas pelaynan, kepuasan pasien, pasien
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Psikologi > Psikologi Sosial |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Psikologi > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Anggi Anggi A.Md |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 01:49 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 01:49 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |