Saputra, Iswandi (2024) INTEGRASI KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM (KMS) DAN TEKNIK KNOWLEDGE DISCOVERY IN DATABASE (KDD) DALAM SHARING CULTURE PADA PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING. Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
TESIS_ISWANDI SAPUTRA_221321009_ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
TESIS_ISWANDI SAPUTRA_221321009_BAB I.pdf Download (182kB) |
|
Text
TESIS_ISWANDI SAPUTRA_221321009_Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) |
|
Text
TESIS_ISWANDI SAPUTRA_221321009_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan pada era digital semakin berkembang dengan cepat, khususnya dalam konteks pembelajaran berbasis blended learning. Blended learning mengintegrasikan pengalaman pembelajaran daring dan tatap muka untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang holistik. Pembelajaran berbasis blended learning telah menjadi pilihan utama dalam dunia pendidikan modern. Integrasi teknologi memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi melalui platform digital. Tantangan muncul terkait bagaimana meningkatkan Sharing Culture di antara mahasiswa dan dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi integrasi Knowledge Management System (KMS) dan teknik Knowledge Discovery in Database (KDD) dalam meningkatkan Sharing Culture pada proses pembelajaran berbasis blended learning di lingkungan universitas. Metode penelitian melibatkan analisis literatur, implementasi KMS, penerapan algoritma KDD, dan penggunaan metode C4.5 pada data aktivitas pembelajaran. Dataset yang diolah dalam penelitian ini bersumber dari bagian E-Learning UPI YPTK Padang, Dataset terdiri dari 120 mahasiswa yang menggunakan E-Learning. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan sistem pembelajaran yang lebih efektif dan berorientasi pada budaya berbagi pengetahuan di era blended learning. Penelitian Integrasi Knowledge Management System dan Knowledge Discovery in Database dapat menjadi acuan untuk memperkaya pemahaman tentang potensi integrasi teknologi dan konsep pembelajaran untuk mendukung evolusi pendidikan di era digital dan memiliki potensi besar untuk memperkuat Sharing Culture pada proses pembelajaran berbasis blended learning. Dengan meningkatkan aksesibilitas, pertukaran pengetahuan, dan kolaborasi, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif pada pengembangan sistem pembelajaran yang lebih efektif dan berorientasi pada budaya berbagi pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Data Mining dan KDD 0 Research > Ilmu Komputer |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 07:43 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 07:43 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12998 |
Actions (login required)
View Item |