HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA GENERASI Z SISWA KELAS XII SMA PERTIWI 1 PADANG

Fajrian, Ihsan (2023) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA GENERASI Z SISWA KELAS XII SMA PERTIWI 1 PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_IHSAN FAJRIAN_19101157510232_ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
SKRIPSI_IHSAN FAJRIAN_19101157510232_BAB 1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
SKRIPSI_IHSAN FAJRIAN_19101157510232_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
SKRIPSI_IHSAN FAJRIAN_19101157510232_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kebermaknaan hidup pada siswa kelas XII di SMA Pertiwi 1 Padang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsep diri dan variabel terikatnya adalah kebermaknaan hidup. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri dan skala kebermaknaan hidup. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik probability random sampling yaitu teknik penentuan sampel diambil berdasarkan dari tabel Isaac dan Michael dengan taraf kekeliruan 10% sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 127 siswa kelas XII di SMA Pertiwi 1 Padang. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan teknik Cronbach Alpha. Hasil koefisien validitas pada skala konsep diri dengan nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0, 329 sampai dengan 0, 731, sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0, 890. Hasil koefisien validitas pada skala konsep diri dengan nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0,302 sampai dengan 0, 849, sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0, 927. Berdasarkan analisis data, nilai korelasi 0, 418 dengan tingkat signifikansi 0,000 diperoleh, yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan dengan taraf kuat antara konsep diri dengan kebermaknaan hidup pada siswa kelas XII di SMA Pertiwi 1 Padang. Kontribusi efektif dari variabel konsep diri terhadap variabel kebermaknaan hidup adalah sebesar 17%. Kata kunci : konsep diri, kebermaknaan hidup, siswa, sekolah, korelasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Psikologi > Psikologi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:08
Last Modified: 20 Jan 2025 07:08
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item