PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES UNTUK MEMILIH PRODUKSKINCARE DAN KOSMETIK YANG SESUAI DENGAN JENIS KULIT WAJAH(STUDI KASUS DI INTI MAKEUP STORE PADANG)

Honestya, Gabriela (2024) PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES UNTUK MEMILIH PRODUKSKINCARE DAN KOSMETIK YANG SESUAI DENGAN JENIS KULIT WAJAH(STUDI KASUS DI INTI MAKEUP STORE PADANG). Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Tesis_222321042_GABRIELA HONESTYA_Abstrak.pdf

Download (639kB)
[img] Text
Tesis_222321042_GABRIELA HONESTYA_BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Tesis_222321042_GABRIELA HONESTYA_Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Tesis_222321042_GABRIELA HONESTYA_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pemilihan produk skincare dan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajahmerupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.Masih banyak ditemukan konsumen yang mengalami kesulitan dalam menentukanproduk yang tepat sehingga menyebabkan beberapa permasalahan terhadap kulitwajah. Kesalahan dalam memilih produk dapat menyebabkan masalah kulit yanglebih serius. Sistem rekomendasi diperlukan untuk dapat membantu konsumen dalammemilih produk yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan persentaseketepatan dan kecocokan pemilihan produk skincare dan kosmetik denganmenggunakan metode Naïve Bayes, yang dapat membantu konsumen dalam memilihproduk yang sesuai dengan jenis kulit wajah mereka. Studi kasus dilakukan di IntiMakeup Store Padang, di mana data dikumpulkan dari riwayat pembelian dan surveilangsung kepada pelanggan. Metode Naïve Bayes dipilih karena kemampuannyadalam mengklasifikasikan data berdasarkan probabilitas, sehingga memungkinkansistem untuk memberikan rekomendasi yang akurat berdasarkan jenis kulit wajahkonsumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 1074recordsdari 87koresponden pelanggan Inti Makeup Store yang mencakup informasi tentangkecocokan pemakaian produk yang pernah mereka gunakan sebelumnya. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa sistem rekomendasi yang dikembangkan mampumemberikan rekomendasi produk skincare dan kosmetik dengan tingkat akurasikecocokan sebesar 93.18%, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen dalammemilih produk yang tepat. Penerapan metode Naïve Bayes dalam pemilihan produkskincare dan kosmetik tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, tetapi juga dapatmemberikan nilai tambah bagi toko dalam memahami kebutuhan pelanggan,mengoptimalkan stok dan meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini diharapkandapat menjadi landasan bagi pengembangan lebih lanjut dalam bidang sistemrekomendasi produk kecantikan. Kata kunci: Teknologi Informasi, Pemilihan Produk, Naive Bayes, Jenis KulitWajah, Inti Makeup Store

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Model dan Simulasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 13 Jan 2025 07:45
Last Modified: 13 Jan 2025 07:45
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item View Item