Setyaningsih, Hikmawati (2023) PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
SKRIPSI_18101156110025_HIKMAWATI SETYANINGSIH_ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
SKRIPSI_18101156110025_HIKMAWATI SETYANINGSIH_BAB I.pdf Download (195kB) |
|
Text
SKRIPSI_18101156110025_HIKMAWATI SETYANINGSIH_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
SKRIPSI_18101156110025_HIKMAWATI SETYANINGSIH_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dan perancangan game edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran dasar desain grafis. Dan dilatar belakangi oleh permasalahan keterbatasan media belajar yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Validitas,Praktikalitas dan Efektifitas game edukasi di kelas X Smk Muhammadiyah 1 Padang.Penelitian ini bertujuan untuk membuat game edukasi pada mata pelajaran dasar desain grafis Smk Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, dengan desain dan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut Analysis (analisis), Design (perancangan), Develop (Pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evalution (evaluasi). Subjek penelitian berjumlah 31 orang siswa. Hasil uji validitas terhadap game edukasi pada mata pelajaran dasar desain grafis Smk Muhammadiyah 1 Padang sebesar 87,13%, sehingga tingkat validitas dapat diinterpresentasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas terhadap game edukasi pada mata pelajaran dasar desain grafis game edukasi pada mata pelajaran dasar desain grafis Smk Muhammadiyah 1 Padang sebesar 91,25%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interpresentasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektivitas terhadap game edukasi pada mata pelajaran dasar desain grafis Smk Muhammadiyah 1 Padang sebesar 85,32%, sehingga tingkat efektivitasnya dapat di interpresentasikan efektif digunakan. Kesimpulannya, Berdasarkan penilaian masukan dari para ahli besrta hasil uji coba lapangan game edukasi sudah teruji kelayakannya dan dapat digunakan pada proses pengambangan mata pelajaran dasar desain grafis Smk Muhammadiyah 1 Padang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran 0 Research > Pendidikan dan Keguruan 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 04:37 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 04:37 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12178 |
Actions (login required)
View Item |