PENERAPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT BERBASIS WEB (STUDI KASUS: APOTEK RSUD SULTAN THAHA SAIFUDDIN)

Kamal, Muhamad (2023) PENERAPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT BERBASIS WEB (STUDI KASUS: APOTEK RSUD SULTAN THAHA SAIFUDDIN). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152610211_MUHAMAD KAMAL_Abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610211_MUHAMAD KAMAL_BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610211_MUHAMAD KAMAL_DAftar Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610211_MUHAMAD KAMAL_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RSUD Sultan Thaha Saifuddin merupakan rumah sakit umum daerah yang dikelola oleh pemerintahan daerah yang berada di Kabupaten Tebo. RSUD Sultan Thaha Saifuddin ini memiliki masalah pada persediaan obat karena dalam pengelolaan persediaan obat tidak efektif sehingga masih banyak kesalahan dalam pengelolaan obat dan pembuatan laporan karena membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan laporan di Apotek RSUD Sultan Thaha Saifuddin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, dengan menggunakan serangkaian pertanyaan yang relevan. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah penerapan Supply Chain Management (SCM) pada persediaan obat berbasis web dengan menerapkan fungsi-fungsi pengendalian pengelolaan obat dibantu dengan metode FIFO (First In First Out) dan alat bantu yang digunakan dalam perancangan sistem persediaan adalah UML (Unified Modelling Language). Dan pembuatan program menggunakan bahasa pemograman PHP dan Database MySQL. Dengan diterapkannya sistem persediaan obat yang menerapkan SCM dapat memudahkan instalasi farmasi RSUD Sultan Thaha Saifuddin dalam mengotrol persediaan dan kelancaran arus obat serta memudahkan dalam melakukan pembuatan laporan tanpa adanya masalah. Kata Kunci : Sistem, Stok, Supply Chain Management, FIFO, UML, PHP, MySQL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:20
Last Modified: 22 Oct 2024 08:20
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12102

Actions (login required)

View Item View Item