PENERAPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MYSQL (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA, BUKITTINGGI SUMATERA BARAT)

Husna, Azzahratul (2023) PENERAPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MYSQL (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA, BUKITTINGGI SUMATERA BARAT). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152610191_AZZAHRATUL HUSNA_Abstrak.pdf

Download (569kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610191_AZZAHRATUL HUSNA_BAB I.pdf

Download (663kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610191_AZZAHRATUL HUSNA_Daftar Pustaka.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610191_AZZAHRATUL HUSNA_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi merupakan rumah sakit yang berada di Kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat. Rumah Sakit ini melayani pasien rawat inap dan pasien rawat jalan. Saat ini Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi sedang mengalami masalah persediaan obat karena pembelian dan pengontrolan data obat masih dalam pendataan manual. Dalam proses pengadaan obat pada rumah sakit biasanya dilakukan berdasarkan data rata-rata pemakaian obat per bulan sehingga dapat terjadi kekurangan obat antara bagian gudang dengan bagian apoteker di instalasi farmasi. Kelebihan obat dapat melebihi kedaluwarsa karena kelalaian petugas dalam memeriksa jangka waktu obat. Proses pembuatan laporan kurang efisien karena membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah penerapan Supply Chain Management pada pengelolaan obat dengan menerapkan fungsi-fungsi pengendalian persediaan obat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FIFO (First In First Out) dan alat bantu yang digunakan dalam perancangan sistem persediaan adalah UML (Unified Modelling Language). Pembuatan laporan menggunakan Bahasa pemrograman Java dan database MySQL dengan diterapkannya sistem persediaan yang menerapkan SCM dapat membantu petugas Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi dalam pengontrolan obat serta dapat membantu mempermudah pembuatan laporan. Kata Kunci : Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi, Supply Chain Management, FIFO, UML, Java, MySQL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 22 Oct 2024 08:15
Last Modified: 22 Oct 2024 08:15
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12101

Actions (login required)

View Item View Item