Analisa Kualitas Sistem Informasi Pemesanan Barang Terhadap Website Lenko.Co.Id Menggunakan Metode Webqual (Studi Kasus : PT. Lenko Surya Perkasa)

Anggraini, Annisa Sri (2023) Analisa Kualitas Sistem Informasi Pemesanan Barang Terhadap Website Lenko.Co.Id Menggunakan Metode Webqual (Studi Kasus : PT. Lenko Surya Perkasa). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152610097_ANNISA SRI ANGGRAINI_Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610097_ANNISA SRI ANGGRAINI_BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610097_ANNISA SRI ANGGRAINI_Daftar Pustaka.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610097_ANNISA SRI ANGGRAINI_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan sistem informasi yang demikian pesat memberikan dampak pada perubahan layanan organisasi ataupun perusahaan. Semakin banyak perusahaan yang ingin menonjolkan website perusahaan nya, banyak perusahaan yang berlomba lomba membuat website dengan tampilan yang menarik dan website yang mudah digunakan. Semakin tinggi dan baik kualitas situs website, maka semakin besar pula kunjungan pengguna situs website. Website PT Lenko Surya Perkasa mengalami penurunan jumlah pengunjung selama 3 bulan terakhir, yaitu mulai bulan Januari 2023 sampai dengan Maret 2023 berdasarkan hasil traffic overview yang dilakukan pada similarweb.com. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa kualitas sistem informasi pemesanan barang terhadap website lenko.co.id yang digunakan terhadap kepuasan pengguna sehingga dapat mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan dan efektifitas dari website lenko.co.id. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode webqual. Webqual merupakan suatu pengukuran untuk mengukur kualitas dari sebuah website berdasaskan instrumen-instrumen penelitian yang dapat dikategorikan ke dalam tiga variable, yaitu Usability, Information Quality, Interaction Quality. Semuanya merupakan pengukuran User Satisfaction (kepuasan pengguna) terhadap kualitas dari website tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usability memiliki hasil 76 % dengan interprestasi baik, kemudian Information Quality memiliki hasil 75% dengan interprestasi baik dan Interaction Quality dengan nilai 74% dengan interprestasi baik. Dengan hasil yang didapatkan tersebut maka metode webqual ini telah efektif dalam memberikan hasil dalam analisa sistem. Adapun berdasarkan hasil gap belum meningkatnya layanan sistem informasi pemesanan barang pada website lenko.co.id. Dapat dilihat dari hasil gap Usability dengan nilai -1.79, kemudian Information Quality dengan nilai -1.78 dan Interaction Quality sebesar -1.99. berarti pada indikator Interaction Quality perlu ditingkatkan lagi. Kata Kunci : Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Website, Webqual, Gap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:54
Last Modified: 22 Oct 2024 03:54
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12089

Actions (login required)

View Item View Item