ANALISIS SISTEM KEAMANAN JARINGAN DENGAN DEMILITARIZED ZONE (DMZ) PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

DIAN, SEFRI RAHMA (2023) ANALISIS SISTEM KEAMANAN JARINGAN DENGAN DEMILITARIZED ZONE (DMZ) PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_18101152630221 SEFRI RAHMA DIAN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630221 SEFRI RAHMA DIAN_ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630221 SEFRI RAHMA DIAN_BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630221 SEFRI RAHMA DIAN_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konsep keamanan jaringan yang terpasang pada Dinas Kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat. Memiliki kemanan jaringan yang kurang baik, dimana lalulintas data pada jaringan tidak terfilter sehingga sistem internal yang ada dalam hal ini adalah perangkat server tidak memiliki pengamanan selain sistem keamanan built in yang ada pada sistem oprasi. Pengguna yang ngakses jaringan internet menggunakan IP Address yang biasa digunakan karyawan dan pengunjung perpstakaan dapat juga memasuki jaringan yang digunakan oleh server secara langsung tanpa filter. Sistem yang dibangun dalam keamanan jaringan adalah menggunakan DMZ (Demilitarized Zone) dan Firewall yang merupakan salah satu solusi pengamanan dari jaringan internal. DMZ merupakan interface yang berada diantara area jaringan internal dan eksternal Teknik ini bekerja dengan memisahkan traffic data dengan IP Public internet dan IP Local untuk melindungi server dengan membuat lingkungan khusus dalam jaringan. Hasil dari penelitian menggunakan DMZ dan Firewall pada layanan server. Testing terhadap keamanan dengan mencoba mengakses server yang berada pada area DMZ dan menggunakan tools hack jaringan menggunakan Advenced Port Scanner dan hasil testing jaringan Perpustakaan dapat melakukan filter sehingga lalulintas data server yang ada akan di pisah dari jaringan yang digunakan oleh Pegawai dan pengunjung Perpustakaan, sehingga server tidak terbebani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Keamanan Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:13
Last Modified: 21 Oct 2024 04:13
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12074

Actions (login required)

View Item View Item