OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMBERIKAN REKOMENDASI PEMBELIAN PRODUK PADA KERIPIK BALADO SALSABILA PADANG MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

LATIFFAKHRI, BIMA (2023) OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMBERIKAN REKOMENDASI PEMBELIAN PRODUK PADA KERIPIK BALADO SALSABILA PADANG MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_18101152630145 BIMA LATIFFAKHRI_ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630145 BIMA LATIFFAKHRI_BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630145 BIMA LATIFFAKHRI_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI_18101152630145 BIMA LATIFFAKHRI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

Mudahnya untuk mengakases internet dan murahnya biaya yang dibutuhkan menjadi alasan utama bagi pengusaha untuk memilih media online untuk memperluas bisnisnya . Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk membantu strategi bisnis adalah dengan memanfaatkan Customer Relationship Management. Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu strategi bisnis untuk memenuhi tujuan tersebut dengan cara mengkombinasikan CRM dan Algoritma K-Means Clustering.Untuk itu, penulis menerapkan Algoritma K-Means Clustering untuk mencapai strategi bisnis tersebut. Dengan mengambil data transaksi penjualan di Keripik Balado Salsabila Padang, penulis akhirnya mendapatkan data yang bisa diterapkan pada strategi bisnis. Hasil dari penerapan K-Means tersebut mendapatkan 14 produk untuk di rekomendasikan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:56
Last Modified: 21 Oct 2024 03:56
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item View Item