PENERAPAN E-SCM (ELEKTRONIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT) PADA SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN PUPUK MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL ( STUDI KASUS : CV. PUTRA GINTING).

Alghoffari, Ahmad (2023) PENERAPAN E-SCM (ELEKTRONIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT) PADA SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN PUPUK MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL ( STUDI KASUS : CV. PUTRA GINTING). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152610630_Ahmad Alghoffari_ABstrak.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610630_Ahmad Alghoffari_BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610630_Ahmad Alghoffari_Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610630_Ahmad Alghoffari_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi yang ada di Indonesia, banyak perusahaan menerapkan Elektronik Supply Chain Management (E-SCM) atau manajemen rantai pasokan untuk mencapai tujuan organisasi dan meningkatkan efektivitas, pemanfaatan sumber daya yang lebih baik, dan peningkatan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Electronic Supply Chain Management (E-SCM) pada sistem informasi pendistribusian pupuk dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL pada studi kasus CV. Putra Ginting. Pupuk merupakan komponen penting dalam meningkatkan hasil pertanian. Namun, distribusi pupuk yang efisien dan tepat waktu merupakan tantangan bagi banyak perusahaan distribusi, termasuk CV. Putra Ginting. Oleh karena itu, penerapan E-SCM dianggap sebagai solusi yang potensial untuk mengoptimalkan proses pendistribusian dan meningkatkan efisiensi. Penelitian ini dimulai dengan analisis kebutuhan dan proses bisnis CV. Putra Ginting dalam hal pendistribusian pupuk. Selanjutnya, dilakukan perancangan sistem E-SCM yang terintegrasi dengan berbagai pihak terkait seperti produsen pupuk dan distributor. Penerapan E-SCM pada sistem informasi pendistribusian pupuk ini memungkinkan CV. Putra Ginting untuk melacak secara real-time stok pupuk, memperoleh informasi tentang permintaan dan persediaan, serta mengoptimalkan proses pengiriman dan distribusi. Selain itu, sistem ini juga memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan pupuk secara online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-SCM pada sistem informasi pendistribusian pupuk di CV. Putra Ginting dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kecepatan proses distribusi pupuk. Kata Kunci : Sistem Informasi, e-SCM, Manajemen Rantai Pasok, Pupuk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Database
0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:13
Last Modified: 26 Sep 2024 04:13
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11924

Actions (login required)

View Item View Item