PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT KAYU MANIS BERKUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Putra, Nopriansyah (2023) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT KAYU MANIS BERKUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152610351_Nopriansyah Kurnia Putra_Abstrak.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610351_Nopriansyah Kurnia Putra_BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610351_Nopriansyah Kurnia Putra_Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610351_Nopriansyah Kurnia Putra_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kelompok tani Alam Sakti bergerak dalam sektor pertanian yang memproduksi dan membudidayakan tanaman kayu manis. Dalam melakukan pemilihan bibit kayu manis berkualitas, kelompok tani ini masih menggunakan cara yang manual. Sehingga, keputusan yang diambil kurang tepat dan membutuhkan waktu yang lama dan tidak efisien. Karena masa panen kayu manis tergolong lama yaitu berkisar antara 6 - 12 tahun maka dari itu pemilihan bibit yang tepat sangat penting bagi para petani, agar para petani kayu manis ini mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari pada sebelumnya dan bibit unggul tentunya memberikan kulit kayu manis yang berkualitas tinggi dengan harga jual yang tinggi di pasaran. Sebuah sistem diusulkan oleh penulis untuk pemecahan masalah diatas yang dapat memberikan solusi dari pemilihan bibit yang tepat dan berkualitas serta informasi tentang jenis-jenis kayu manis yang akan mengedukasi dan membantu para petani di desa Lubuk Nagodang untuk menentukan bibit yang bagus , unggul , dan berkualitas yang sesuai dengan keinginan para petani dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Aplikasi ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL untuk mengelola data dengan cepat dan akurat. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa Kayu Manis Burmannii merupakan pilihan yang tepat dengan nilai 0,881. Sistem pendukung keputusan yang dikembangkan menggunakan metode SAW berhasil memberikan rekomendasi pemilihan bibit kayu manis berkualitas kepada para petani di desa Lubuk Nagodang berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sehingga sistem ini dapat meningkatkan tingkat akurasi dan keberhasilan dalam pemilihan bibit kayu manis. Kata kunci: SPK, SAW, PHP, MySQL

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:09
Last Modified: 20 Sep 2024 04:09
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11872

Actions (login required)

View Item View Item