ANALISA DETEKSI DINI KESULITAN BELAJAR KHUSUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN PEMODELAN CERTAINTY FACTOR MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL ( Studi Kasus : UPTD Layanan Disabilitas Dan Pendidikan Inklusif Kota Padang )

Febriadi, Raihan (2023) ANALISA DETEKSI DINI KESULITAN BELAJAR KHUSUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN PEMODELAN CERTAINTY FACTOR MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL ( Studi Kasus : UPTD Layanan Disabilitas Dan Pendidikan Inklusif Kota Padang ). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152610263_Raihan Febriadi_Abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610263_Raihan Febriadi_BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610263_Raihan Febriadi_Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610263_Raihan Febriadi_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kondisi atau kebutuhan yang berbeda dari anak pada umumnya. Kebutuhan khusus ini dapat meliputi aspek fisik, mental, emosional, atau sosial. Dalam pendidikan mereka sering memerlukan pendekatan dan dukungan khusus agar dapat berkembang dan belajar secara optimal. UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif (LDPI) Dinas Pendidikan Kota Padang merupakan lembaga yang memberikan layanan asesmen dan layanan intervensi terpadu kepada penyandang disabilitas. Permasalahan yang dihadapi pihak LDPI adalah bagaimana merancang dan membuat sebuah sistem mendeteksi kesulitan belajar anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu untuk mendapatkan sebuah keputusan yang tepat serta efektif maka kita bisa menggunakan sebuah metode kecerdasan yang dirancang untuk meniru kemampuan dan pengetahuan seorang ahli/pakar dalam suatu bidang yaitu Sistem Pakar. Metode Certainty Factor (CF) merupakan pendekatan yang digunakan dalam sistem pakar untuk menggabungkan sejumlah factor yang mempengaruhi keyakinan atau kepercayaan terhadap suatu kesimpulan. Ini melibatkan perhitungan factor keyakinan yang dapat bersifat postif atau negatif, menggambarkan sejauh mana yang ada mendukung atau menghalangi suatu kesimpulan. Kata Kunci: ABK, LDPI, Sistem Pakar, Certainty Factor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Database
0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:01
Last Modified: 18 Sep 2024 03:01
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item