ANALISA KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN PADA KOPERASI KOPTA DARMA MENGGUNAKAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DENGAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT)

Pebrian, Heru (2023) ANALISA KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN PADA KOPERASI KOPTA DARMA MENGGUNAKAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DENGAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152610018_Heru Pebrian_Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610018_Heru Pebrian_BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610018_Heru Pebrian_Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Skripsi_19101152610018_Heru Pebrian_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Koperasi Kopta Darma merupakan koperasi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang dijalankan oleh masyarakat untuk mensejahterakan masyarakat. Banyak program pelayanan yang diberikan koperasi kepada nasabah, salah satunya adalah pengajuan dan pemberian pinjaman. Salah satu permasalahan pengambilan keputusan yang dihadapkan pada berbagai kriteria adalah dalam proses kelayakan pemberian pinjaman kepada nasabah yang mengajukan pinjaman, dimana dalam hal ini cukup sering terjadi kesalahan sehingga menimbulkan permasalahan seperti penurunan profit yang cukup drastis pada pihak Koperasi Kopta Darma disebabkan karena macetnya pembayaran angsuran sehingga perlu dilakukan seleksi yang didasarkan pada analisis data pemohon pinjaman. Untuk membantu menganalisa kelayakan pemberian pinjaman kepada nasabah koperasi, penulis akan mengoptimalkan peran Sistem Penunjang Keputusan (SPK) dengan menerapkan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) melakukan proses mencari jumlah bobot dari nilai- nilai yang ada pada masing masing atribut yang menghasilkan hasil nilai akhir dengan nilai tertinggi. Setiap kriteria yang ada memiliki beberapa alternatif yang mampu memberikan solusi. Dalam kasus ini, alternatif yang dimaksud adalah anggota koperasi atau nasabah yang mengajukan pinjaman, kemudian akan dipilih beberapa nasabah yang dikatakan layak mendapatkan pinjaman berdasarkan hasil perhitungan dari beberapa kriteria yang telah ditetapkan dengan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Kata Kunci : Sistem Penunjang Keputusan, MAUT, Pinjaman

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:15
Last Modified: 13 Sep 2024 07:15
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item View Item