PENERAPAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRM PADA PET SHOP ALVA

Veronica, Shintia (2023) PENERAPAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRM PADA PET SHOP ALVA. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_18101152610473_Shintia Veronica_Abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Skripsi_18101152610473_Shintia Veronica_BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Skripsi_18101152610473_Shintia Veronica_Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Skripsi_18101152610473_Shintia Veronica_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan bisnis sekarang ini tidak hanya bergantung pada kualitas produk, tetapi juga dapat dilihat dari segi kualitas layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan terhadap pelanggannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mempertahankan pelanggan, kualitas layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan merupakan salah satu faktor yang mendorong pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Apabila berbicara tentang tuntutan pelanggan, bagian operasional yang baik memang dapat menekan biaya yang dikeluarkan sehingga pelanggan dapat memperoleh harga yang serendah-rendahnya. Akan tetapi, itu saja dirasa kurang cukup bagi pelanggan karena mereka menginginkan yang lebih dari sekedar pelayanan seperti kenyamanan, kepuasan dari kualitas jasa yang diberikan, dan kecepatan respon dari perusahaan. Hal itu menyebabkan CRM (Customer Relationship Management) memiliki peranan yang cukup besar dalam kesuksesan suatu perusahaan. Adapun keluhan yang dialami oleh toko Pet Shop Alva yaitu belum adanya tempat bagi pelanggan untuk memberikan penilaian terhadap pelayanan yang diberikan oleh toko tersebut dan terjadinya kekosongan stok barang yang banyak dicari oleh pelanggan. Oleh karena itu, Pet Shop Alva harus dapat menyediakan tempat bagi pelanggan untuk dapat memberikan penilaian terhadap kepuasannya sebagai salah satu bentuk pelayanan pelanggan dan mengontrol stok barang yang ada agar keinginan pelanggan dapat terpenuhi. Dengan adanya sistem informasi pelayanan pelanggan menggunakan metode CRM pelanggan dapat memberikan penilaian terhadap kepuasan pelayanan yang diberikan oleh toko Pet Shop Alva dan toko juga dapat mengetahui persediaan stok barang yang ada. Kata Kunci : Pet Shop, Sistem Informasi pelayanan, Customer Relationship management (CRM)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:24
Last Modified: 13 Sep 2024 02:24
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11807

Actions (login required)

View Item View Item