Fernando, Diyon Agri (2023) PERANCANGAN SISTEM SMART CLASSROOM MENGGUNAKAN RFID DAN COMPUTER VISION BERBASIS ARDUINO MEGA 2560. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
SKRIPSI_19101152620010_DIYON AGRI FERNANDO_ABSTRAK.pdf Download (572kB) |
|
Text
SKRIPSI_19101152620010_DIYON AGRI FERNANDO_BAB I.pdf Download (500kB) |
|
Text
SKRIPSI_19101152620010_DIYON AGRI FERNANDO_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
|
Text
SKRIPSI_19101152620010_DIYON AGRI FERNANDO_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Ruangan kelas adalah sarana untuk belajar mengajar dan juga salah satu hal penting dalam bidang pendidikan. Sayangnya pada saat ini ruangan kelas umumnya masih memiliki cara manual membuka pintu untuk memasuki ruangan kelas dan juga memiliki kelemahan pendeteksian adanya kecurangan yang dilakukan oleh mahasiswa seperti menitipkan absen kepada teman.Untuk itu perlu solusi untuk menanganinya yaitu dengan membangun sebuahsistem smart classroom menggunakan RFID dan computer vision dan program visual basic yang dikontrol oleh Arduino. Sistem ini bertujuan untuk memperkecil kecurangan ,mempermudah mahasiswa dan dosen membuka pintu dan mempermudah menghidupkan kipas . Alat ini menggunakan Arduino Mega 2560 sebagai pengontrol sistem, ESP32CAM sebagai sistem pengambilan absensi. LCD digunakan sebagai tampilan scan tag, sensor infrared mendeteksi mahasiswa sehingga kipas lampu hidup, buzzer sebagai output dari hasil mahasiswa yang melakukan absensi dan sensor ultrasonic untuk mendeteksi mahasiswa ketika keluar ruangan sehingga pintu terbuka secara otomatis. Hasil dari rekapan absensidisimpan pada website.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Rekayasa Perangkat Lunak 0 Research > Ilmu Komputer |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Komputer (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 07:57 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 07:57 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11738 |
Actions (login required)
View Item |