PERANCANGAN KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE (INSTRUSION PREVENTION SYSTEM) PADA PT. KHALIFA FALAH NUSANTARA

ALFARIZI, ROCKIB ACHMAD (2023) PERANCANGAN KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE (INSTRUSION PREVENTION SYSTEM) PADA PT. KHALIFA FALAH NUSANTARA. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_16101152630090 ROCKIB ACHMAD ALFARIZI_ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
SKRIPSI_16101152630090 ROCKIB ACHMAD ALFARIZI_BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
SKRIPSI_16101152630090 ROCKIB ACHMAD ALFARIZI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
SKRIPSI_16101152630090 ROCKIB ACHMAD ALFARIZI_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keamanan jaringan komputer merupakan aspek penting dalam lingkungan bisnis modern. PT. Khalifa Falah Nusantara, sebagai entitas bisnis yang bergantung pada infrastruktur TI, menghadapi risiko keamanan yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk merancang solusi keamanan jaringan komputer yang efektif dengan menggunakan metode Intrusion Prevention System (IPS). untuk PT. Kepulauan Khalifa Falah. Metode IPS dipilih karena kemampuannya untuk mendeteksi dan mencegah upaya penyusupan dan serangan yang tidak sah pada jaringan komputer. Pada perancangan ini, IPS akan diimplementasikan pada jaringan PT. Khalifa Falah Nusantara untuk memantau lalu lintas jaringan dan mendeteksi pola atau tanda yang mencurigakan dari kemungkinan serangan. Sistem ini juga akan dilengkapi dengan fungsi respons cepat yang memungkinkan tindakan pencegahan segera diambil jika aktivitas mencurigakan terdeteksi. Selain penerapan IPS, perancangan juga akan mencakup analisis risiko untuk mengidentifikasi potensi ancaman, pemilihan perangkat keras dan perangkat lunak yang tepat untuk penerapan, serta konfigurasi sistem yang tepat agar keamanan dapat berfungsi secara optimal. Diharapkan desain ini akan memberikan lapisan perlindungan tambahan yang signifikan bagi PT. Khalifa Falah Nusantara, memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko serangan dan pembobolan data yang dapat mengganggu operasional bisnis. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat memandu organisasi lain dalam merancang sistem keamanan siber yang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Teknologi Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:06
Last Modified: 11 Oct 2024 03:06
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

View Item View Item