SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsS AL-JUNAIDIYAH DENGAN MENERAPKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

BTR, NOVITA ULLY ALFIA (2023) SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsS AL-JUNAIDIYAH DENGAN MENERAPKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS). Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_19101152610443 NOVIT ULLY ALBI BTR_ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610443 NOVIT ULLY ALBI BTR_BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610443 NOVIT ULLY ALBI BTR_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_19101152610443 NOVIT ULLY ALBI BTR_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Sistem penunjang keputusan adalah salah satu bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Saat ini masih banyak sekolah yang belum menerapkan sistem penunjang keputusan dalam penilaian siswa berprestasi dan masih menggunakan sistem manual, salah satunya MTsS Al-Junaidiyah. MTsS Al-Junaidiyah merupakan salah satu madrasah yang ada di daerah mandailing natal, yang beralamat di desa Kampung Lama Tarlola Hutanamale. Penilaian prestasi belajar siswa disekolah ini diukur dari nilai akademiknya saja, sedangkan banyak prestasi yang dimiliki siswa dibidang lain. Selain itu, kemampuan siswa juga hanya diukur dari siswa yang masuk dalam rangking 10 besar saja, sementara murid yang lain yang mungkin menguasai satu mata pelajaran saja tidak tampak beprestasi karena tidak termasuk dalam rangking 10 besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MYSQL pada proses penilaian prestasi belajar siswa di MTsS Al-Junaidiyah Kampung Lama, yang mampu menentukan nilai bobot kriteria dengan konsisten dan dapat melakukan perangkingan untuk menghasilkan solusi dalam pengambilan keputusan. Kriteria yang digunakan dalam kasus ini adalah rata-rata pengetahuan (C1), sikap (C2), ekstrakurikuler (C3), dan absensi (C4). Hasil implementasi dari sistem penunjang keputusan penilaian prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode AHP dapat membantu tenaga pengajar disekolah dalam menentukan penilaian prestasi belajar siswa dikelas dengan cepat dan akurat dan memudahkan pekerjaan tenaga pengajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:50
Last Modified: 13 Aug 2024 03:50
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11680

Actions (login required)

View Item View Item